Tingkatkan Daya Jual UMKM Lokal, KKN UIN Sunan Kalijaga Gelar Seminar Digital Marketing

Foto bersama wargadan narasumber seminar
LP2M- Desa Kebonsari – Petanahan,Kamis, 28 Juli 2022,Kelompok KKN mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga Desa Kebonsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumenmenyelenggarakan kegiatan seminar digital marketing untuk warga. Digital marketing mempunyai arti memasarkan atau mempromosikan sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Digital Marketing merupakan salah satu media yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat serta sebagai pendukung dalam kegiatan sehari – hari. Seminar digital marketing ini mengangkat tema “Marketing Transformation Digitalizing Business”. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 secara offline di Balaidesa Kebonsari Kecamatan Petanahan.
Seminar digital marketing ini merupakan program kerja unggulan kelompok KKN Mandiri 108 Desa Kebonsari yang menggait Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kebumen serta UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Kebumen. Seminar digital marketing ini diikuti 80 peserta yang terdiri dari para pelaku usaha yang ada di Kecamatan Petanahan, pemuda – pemudi karangtaruna Desa Kebonsari dan ibu – ibu kader Desa Kebonsari. Pada kegiatan ini,narasumber pertama menyampaikan materi terkait pentingnya digital marketing dalam dunia bisnis dan industri. Narasumber kedua menyampaikan materi mengenai penerapan digital marketing di dunia kerja.
Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, materi seminar, tanya jawab dan penutup. Adapun penyampaian sambutan dalam kegiatan ini disampaikan oleh Saudara Achmad Rochmat Chandra Sihkin selaku Ketua KKN Mandiri 108 Desa Kebonsari, Bapak Hojali selaku Kepala Desa Kebonsari, dan Bapak Drs. Edy Purwoko, M.Si selaku Camat Petanahan.
Terselenggaranya seminar digital marketing ini semoga dapat mengedukasi pemuda dan pelaku ekonomi untuk lebih memahami tentang digital marketing, memberikan kesempatan kepada pemuda – pemudi Desa Kebonsari dan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Petanahan untuk belajar mengenai digital marketing, mengubah mindset pemuda dan pelaku ekonomi untuk berpikir lebih maju dan terbuka dengan adanya digital marketing. Melalui seminar ini yang menghadirkan narasumber-narasumber berkualitas, kita dapat mengetahui bagaimana digitalisasi dalam bidang bisnis dan pemasaran, bagaimana tantangan serta peluang ekonomi dan penerapan digital marketing di era sekarang.
Kegiatan seminar ini menghadirkan 2 narasumber hebat yang sangat berkompeten dalam bidang digital marketing. Adapun 2 narasumber seminar digital marketing yaitu:
- Ngusman, SE., MM (Kepala UPTD BLK Kabupaten Kebumen)
- Ega Yunanto Indratama, S.Ak (Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kebumen)
Diskusi dan penyampaian materi dipandu oleh Khusnul Zulmiati selaku moderator kegiatan seminar ini. Narasumber pertama yakni Bapak Ega Yunanto Indratama, S.Ak. dibantu dengan asistennya yakni Nafa Amalia Rahma Diani menyampaikan mengenai “Strategi Digital Bagi UMKM”. Digital marketing menjadi hal penting untuk dipelajari mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat di era sekarang. Adapun manfaat dari digital marketing ini yaitu jangkauan sangat luas dan membuat branding lebih mudah serta lebih tepat sasaran. Dalam digital marketing, brand awareness menjadi hal yang penting untuk dimiliki oleh para pelaku usaha guna mengetahui seberapa jauh brand atau produk yang kita miliki dikenal oleh banyak orang. Selain itu, narasumber juga menjelaskan terkait bagaimana penggunaan media digital marketing melalui beberapa media sosial dan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.
Dilanjutkan dengan narasumber yang kedua yakni Bapak Ngusman, SE., MM. Beliau menyampaikan materi mengenai “Digital Marketing sebagai Media Informasi Pemasaran Online. Pemasaran digital merupakan pemasaran produk atau jasa yang dilakukan dengan media digital dengan memadukan teknik dan serta pengetahuan dalam psikologi dan teknologi pasar. Ketika terjun di digital marketing perlu adanya upaya, konsisten, dan ketekunan dari pelaku bisnis agar bisnis semakin berkembang dan bisa berhasil. Pemilihan media yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa juga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran.
Setelah penyampaian semua materi, diskusi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung cukup seru dengan berbagai pertanyaan yang menarik dari para peserta. Dengan diadakannya seminar digital marketing ini, diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan mengenai digital marketing dan dapat memberikan inspirasi serta motivasi untuk menentukan dan memantapkan langkah kedepannya. (Fitri, Khusnul)